fbpx

15 Rekomendasi Tempat Self Healing di Bogor

Published by Alief Mahadika on

Selfup.id – Kapan terakhir kamu pergi sendirian tanpa ditemani teman atau pasanganmu? Ternyata bepergian sendirian dapat memberikan sensasi yang berbeda. Kalau kemarin Minup sudah membahas mengenai metode-metode yang dapat kamu lakukan untuk self-healing. Pasti kalian tau kan salah satu metodenya adalah dengan me time. Kali ini Minup akan memberikan rekomendasi tempat untuk self-healing di Bogor.

Self-healing di Kota atau Alam?

Ada 2 jenis tempat yang akan Minup rekomendasikan. Yang pertama adalah Cafe, atau tempat ngopi lainnya. Café sangat cocok untuk kalian yang tidak punya waktu luang yang banyak tapi tetap ingin menikmati Me time yang berkualitas. cafe sudah menjadi tempat favorit anak-anak muda untuk berkumpul bersama teman, baik itu sepulang sekolah, kuliah, maupun kerja.

Karena popularitasnya maka tidak wajar kalau café bisa ditemukan hampir di setiap sudut jalan di kotamu. Jadi tidak perlu khawatir kalau kamu tidak punya waktu untuk pergi ke alam kamu tetap bisa melakukan self-healing di café-café rekomendasi Minup yang ada di kota Bogor.

Yang kedua adalah alam, karena menurut penelitian dengan melihat warna hijau dari dedaunan dan pohon dapat menenangkan pikiran. Dan Bogor sangat cocok untuk kalian yang gemar dengan suasana alam. Tapi bagi kalian yang tidak suka adventure dan hanya ingin melihat dedaunan dan pohon Minup juga akan memberikan rekomendasi wisata alam buatan yang tetap bisa membantu menenangkan pikiran kalian.

Sebelum masuk ke list rekomendasi tempat untuk self healing, Minup akan sedikit memberikan throwback ke artikel sebelumnya yang membahas mengapa self healing itu penting. Tapi untuk penjelasan lebih lengkap mengenai self-healing dan metode-metodenya kamu bisa baca lebih lengkap di artikelnya ya.

Baca Juga : 9 Metode Self-Healing, untuk Kamu yang Sedang Lelah dengan Pekerjaan

Self-healing merupakan proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin. Metode ini sering dilakukan oleh orang-orang yang menyimpan luka batin dan mengganggu emosinya. Kelelahan emosional tiap orangpun mungkin berbeda-beda. Bisa jadi karena pekerjaannya yang sangat berat tapi tetap dipertahankan karena membutuhkannya untuk kestabilan ekonomi. Atau mungkin konflik keluarga yang tidak kunjung selesai dibarengi dengan tuntutan kehidupan lainnya.

Dilansir dari Detik health, menurut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. Ada 15.6 juta penduduk Indonesia yang mengalami depresi, namun hanya 8 persen yang mencari bantuan ke professional. Tentu ini bukan angka yang baik, ini membuktikan masih banyak orang Indonesia yang meremehkan depresinya. Untuk membantu mengurangi angka tersebut Minup akan membantu memberikan rekomendasi tempat untuk self-healing. Tetapi bagi kalian yang masih merasa depresi, jangan ragu-ragu untuk langsung minta bantuan ke professional.

5 Rekomendasi Café untuk Self-healing

Untuk 5 tempat pertama, Minup akan rekomendasiin Café-Café yang bisa kamu kunjungi untuk Me time. Karena café berada di perkotaan, kamu bisa mendatangi tempat-tempat ini sepulang kamu kerja ataupun di akhir pekan bagi warga luar Bogor. Disclaimer dulu ya tempat-tempat yang Minup rekomendasikan mungkin bukan tempat yang paling hits karena tujuannya untuk mencari ketenangan sendirian ya bukan untuk ngopi sama teman-teman.

1. La Isola Cafe

Rekomendasi pertama adalah La Isola Cafe yang terletak di Batutulis. Menurut Minup La Isola cocok untuk self healing karena suasana di dalamnya yang penuh dengan warna hijau dari dedaunan yang menenangkan pikiran. Berlokasi di Batutulis yang terletak dekat dengan Surya kencana pusat kuliner kota bogor. La Isola Cocok untuk kalian yang mau mengerjakan tugas sendirian ataupun hunting kulineran.

2. Kopi Nako Kuntum

Rekomendasi kedua adalah Kopi Nako Kuntum. Kopi Nako sendiri ada beberapa cabang, dan menurut Minup cabang Kuntum ini cocok sekali untuk self-healing. Walaupun dibandingkan dengan cabang yang ada di Jalan Pajajaran tempat ini jauh lebih sepi, tapi itu membuat tempat ini cocok untuk kalian yang mau Me time yang berkualitas.

3. Sisi Barat Coffee

Rekomendasi ketiga yaitu Sisi Barat Coffe. Berlokasi di Dramaga yang cukup jauh dari pusat kota, namun itu menjadi alasan utama mengapa tempat ini cocok untuk Me Time. Sisi Barat menawarkan suasana yang jauh berbeda dengan dua tempat sebelumnya. Sisi Barat memiliki view bantaran sungai yang jernih, nampak seperti di kampung halaman. Tempat ini cocok untuk self-healing dan cocok untuk kalian yang rindu dengan rumah nenek di kampung halaman.

4. Joempa Coffee

Rekomendasi selanjutnya yaitu Joempa Coffee yang terletak di jalan Binamarga. Lokasinya yang berada di pusat kota dan dekat sekali dengan exit tol Bogor, cocok untuk warga jakarta yang ingin mencari tempat self healing dengan ngopi outdoor di Kota Bogor. Namun harus lihat ramalan cuaca dulu sebelum kesini ya, karena tempat indoornya sangat kecil jadi jangan datang kesini kalo sedang hujan.

5. Tsuin Coffee

Rekomendasi Terakhir adalah Tsuin Coffee. Tempat ini masih sangat baru dan mungkin jadi salah satu tempat hits di Bogor saat ini. Dengan nuansa Japanese Coffee Shop dan Interior serba putih. Tsuin dapat menjadi pilihan untuk self healing di tengah kota. Letaknya pun di Pandu Raya, dekat sekali dengan Taman corat-coret.

Kalo kamu udah merasa bosan dengan café karena hampir tiap hari nongkrong sama teman kamu disana. Nih Minup kasih rekomendasi wisata alam di Bogor yang bisa kamu kunjungi untuk Self-healing. Tapi Minup rekomendasiin untuk datang di hari kerja ya karena di akhir pekan kemungkinan akan ramai dan kamu jadi tidak bisa dapat Me time yang berkualitas.

10 Wisata alam di Bogor untuk Self-healing

Untuk dua tempat pertama mungkin tidak cocok buat kalian yang gemar Adventure tapi lebih cocok ke orang-orang yang ingin menikmati alam di tengah kota.

6. Kebun Raya Bogor

Rekomendasi pertama adalah yang paling terkenal yaitu Kebun Raya Bogor. Hampir seluruh warga Jabodetabek pasti tau tempat ini. Tempat ini sangat luas dan cocok untuk kamu berolahraga di pagi hari dan menikmati pohon-pohon tua yang sudah ada sejak jaman Belanda.

7. Kebun Raya Cibodas

Rekomendasi ynag kedua tidak jauh berbeda dengan tempat yang pertama yaitu Kebun Raya Cibodas. Walaupun sama sama kebun raya tapi lokasi antara dua tempat ini cukup jauh. Kebun Raya Bogor terletak di tengah kota, persisnya di belakang Istana Bogor. Kalau Kebun Raya Cibodas termasuk ke dalam area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kelebihan Kebun Raya Cibodas adalah adanya pohon Sakura ynag hanya mekar di bulan Juli-Agustus.

8. Gunung Gede

Kalau kedua tempat di atas kurang cocok untuk kalian karena kurang menantang. Nih Minup kasih rekomendasi tempat yang lebih berat yaitu Gunung Gede. Gunung Gede memiliki padang rumput yang luas bernama Surya Kencana.

Di Surya Kencana inilah biasanya para pendaki beristirahat sebelum mendaki ke puncak Gunung Gede. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin beristirahat dari hiruk pikuk Jakarta yang melelahkan. Kamu bisa melihat keindahan Bunga Abadi yaitu Edelweiss dan melihat bintang-bintang di malam hari dari Surya Kencana ini. Melihat bintang sudah menjadi hal langka karena polusi yang menutupi langit perkotaan di malam hari.

9. Gunung Pangrango

Tempat Selanjutnya yaitu Gunung Pangrango. Masih berada di satu taman nasional yang sama dengan Gunung Gede, Gunung Pangrango memberikan opsi lebih mudah bagi para pendaki yang masih awam. Karena trek pendakian di Gunung Pangrango jauh lebih mudah dibandingkan Gunung Gede.

Salah satu spot favorit para pendaki untuk beristirahat di Gunung Pangrango adalah Mandalawangi. Kamu juga bisa menghabiskan waktu disini untuk self-healing.

10. Curug Cibeureum Cibodas

Masih di Taman Nasional Gunung gede Pangrango. Ada satu curug yang sangat indah dan bisa kamu datangi dalam satu hari dan tidak perlu menginap. Untuk mencapai Curug Cibeureum ini kamu hanya perlu berjalan kaki dari pintu masuk selama kurang lebih satu setengah jam. Tapi lelah dari berjalan kaki tersebut akan terbayarkan dengan segarnya melihat air terjun Cibeureum yang sangat besar. Sepanjang perjalanan pun kalian akan merasa tenang karena berlajan di bawah rindangnya pohon-pohon di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

11. Curug Love Sentul

Berlokasi di Sentul, Curug Love menjadi salah satu spot favorit liburan akhir pekan karena bentuk dari air terjunnya yang unik. Mendengarkan alir mengalir dari air terjun dapat menjadi metode self-healing yang baik.

12. Gunung Pancar

Gunung Pancar merupakan wisata alam pohon pinus yang terletak di Sentul Bogor. Melihat tingginya pohon pinus menjadi pemandangan yang cukup jarang di Jabodetabek dan dapat menjadi salah satu metode Self-healing.

13. Curug Barong

Curug Barong terletak di dekat kawasan Gunung Pancar Sentul Bogor. Kelebihan dari curug ini memiliki telaga yang sangat jernih. Kamu bisa menenagnkan pikiranmu sambil berenang di tealaga ini.

14. Curug Cilember

Curug Cilember atau yang terkenal dengan  air terjun 7 tingkatnya ini terletak di kawasan Megamendung Puncak Bogor. Di curug ini akses untuk jalannya sudah cukup bagus sehingga tidak perlu kerepotan untuk mencapai curug 7 tingkatnya.

15. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Tempat terakhir yaitu TNGHS, di tempat ini memiliki beberapa objek wisata alam seperti Curug, Kawah Ratu, Camping, dan Pendakian Gunung Salak. Kalau kalian tidak mau yang berat seperti pendakian, kamu bisa camping di kaki gunung salak dan menikmati malam hari di tengah hutan untuk self-healing kamu.

Jangan lupa untuk berhenti sejenak dari pekerjaan ya Sobat Uppers! Jangan meremehkan kelelahan emosional. Kalau kamu mulai merasa lelah emosional kamu bisa mampir ke rekomendasi tempat self-healing dari Minup. Share artikel ini ke temanmu yang sedang lelah emosionalnya. Dan jangan lupa untuk Subscribe ke website kami untuk mendapatkan notifikasi dari artikel – artikel menarik kami lainnya. Tonton video di bawah ini untuk lebih mengenal Selfup.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *