fbpx

Pentingnya Bersikap Bodo Amat, Jangan Sampai Kamu Insecure

Published by Aditya Anugerah Wiramentaya on

Pentingnya bersikap bodo amat adalah agar kamu terhindar dari rasa insecure
Sumber: Pixabay

Selfup.id – Bersikap bodo amat bukan berarti kamu bersikap tidak peduli. Tentu kita sebagai seorang manusia harus bisa peduli dengan orang lain. Tetapi, jika kamu terlalu peduli, apalagi terlalu peduli denga napa yang orang lain katakana, maka hanya akan menghambat perkembangan kamu sendiri. Bersikap bodo amat disini adalah lebih kepada bagaimana kamu menjadi diri sendiri dan tidak memusingkan pendapat orang lain. Selain itu, bagaimana kamu tidak membanding – bandingkan diri kamu dengan orang lain dan fokus kepada diri kamu sendiri. Pentingnya bersikap bodo amat adalah agar kamu terhindar dari masalah Insecure yang pada akhirnya membuat kamu tidak bahagia. Ya, salah satu penyebab masalah Insecure adalah terlalu sering mendengarkan apa kata orang lain serta membanding – bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kamu terus merasa kekurangan.

Memang sulit untuk bisa menghindari hasrat ingin membanding – bandingkan diri dengan orang lain. Apalagi sekarang ini kita hidup di tengah maraknya penggunaan media sosial dimana orang – orang berlomba untuk menunjukkan citra terbaiknya. Hal tersebut membuat kita juga pada akhirnya merasa insecure dengan apa yang ditunjukkan di media sosial. Padahal, apa yang ditampilkan sebenarnya tidak seindah yang terlihat. Hampir semua orang hanya akan menampilkan apa yang terlihat bagus dan menyembunyikan yang jelek. Oleh karena itu, karena terlalu sering membanding – bandingkan diri dengan orang lain yang terlihat lebih bersinar, kita pun kerap merasa bahwa diri kita kurang dan bahkan merasa gagal.

Pada akhirnya, kita akan merasa insecure. Merasa bahwa diri kamu kekurangan. Apapun yang telah kamu capai selama ini, karena melihat orang lain yang lebih berhasil, malah membuat kamu tetap merasa gagal. Padahal, hal tersebut akan selalu terjadi. Mau bagaimana pun juga, orang lain akan tetap terlihat lebih dibanding kamu. Seperti kata pepatah bahwa rumput tetangga lebih hijau dibanding rumput milik kita sendiri. Oleh karena itu, tidak berguna jika kamu terus membanding – bandingkan diri dengan orang lain. Lebih baik fokus kepada diri kamu sendiri dan apresiasi diri atas apa yangtelah kamu capai selama ini, sekecil apapun itu. Bersikaplah bodo amat dengan apa yang terlihat di media sosial, karena semua itu hanyalah citra yang dibuat. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di balik layar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak usah memperdulikan hal tersebut dan kembali lagi fokus ke diri kamu sendiri. Tidak apa – apa jika kamu ingin mencari motivasi dan inspirasi dari kesuksesan orang lain, malah bagus jika kamu bisa membuat hal tersebut menjadi pemicu kamu untuk menjadi lebih baik. Tetapi, alih – alih mendapatkan inspirasi, jika dengan itu kamu malah merasa insecure, maka lebih baik dihindari.

Pendapat orang lain juga salah satu penyebab banyak orang merasa insecure dan takut untuk memulai sesuatu. Terlalu memperdulikan pendapat orang lain akan menyebabkan kamu rentan merasa insecure. Tidak jarang apa yang dikatakan oleh orang lain malah membuat kita down dan takut untuk melangkah. Sebagian besar orang memang mengharapkan kita untuk mendengarkan pendapat mereka dan kita harus mengikuti standar yang mereka tetapkan. Jika kita tidak sesuai denga napa yang mereka harapkan, maka kita dianggap aneh dan bahkan dianggap gagal. Jika kita sudah berhasil mencapai apa yang kita inginkan pun, kadang masih banyak orang yang berpendapat buruk tentang kita dan apa yang kita lakukan. Oleh karena itu, pentingnya bersikap bodo amat terhadap pendapat orang lain sangat dianjurkan. Memang kita diajarkan untuk mendengarkan pendapat orang lain, tetapi jangan jadikan hal tersebut menghambat kamu. Semua orang bebas memiliki dan mengeluarkan pendapat kepada kamu, dan sebaliknya kamu juga memiliki hak untuk tidak mendengarkan.

Tentu bersikap bodo amat juga berlaku untuk hal lain, tidak sebatas membanding – bandingkan diri den terpengaruh pendapat orang lain. Pentingnya bersikap bodo amat dengan hal – hal lain yang tidak penting juga harus dilakukan. Contohnya adalah membicarakan masalah orang lain yang tidak ada hubungannya dengan kita, atau membicarakan hal – hal yang tidak ada faedahnya. Hal tersebut hanya akan membuang – buang waktu saja. Bolehlah sesekali bergurau membicarakan hal yang tidak penting, tapi jangan sampai keterusan dan menghabiskan waktu.

Dengan kamu bisa bersikap bodo amat, harapannya adalah kamu bisa menjadi diri sendiri dan menentukan kebahagiaan kamu sendiri. Pada dasarnya, kebahagiaan memang datang dari kamu sendiri, bukan dari orang lain. Oleh karena itu, memilih untuk bersikap bodo amat akan mendatangkan berbagai manfaat buat diri kamu sendiri.

Baca Juga Kebahagiaan Bukan Datang dari Orang Lain, Inilah 5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Pentingnya bersikap bodo amat agar kamu lebih bahagia
Sumber: Pixabay

Manfaat untuk Kamu yang Bersikap Bodo Amat

Pentingnya bersikap bodo amat, selain menghindari rasa insecure, juga karena akan mendatangkan berbagai manfaat untuk kamu sendiri. Salah satu manfaat yang akan kamu rasakan adalah hidup kamu menjadi lebih tenang. Kamu jadi lebih leluasa menikmati hidup kamu, karena kamu tidak peduli dengan apa yang orang lain miliki dan apa yang tidak kamu miliki. Sehingga, kamu tidak perlu berusaha keras untuk bisa memiliki apa yang dimiliki oleh orang lain. Kamu bisa menikmati hidup dan fokus terhadap apa yang kamu sendiri sukai. Kamu bisa bebas menentukan apa yang ingin kamu capai dalam hidup kamu. Bebas menentukan karir, pasangan, dan lain sebagainya. Intinya, kamu bisa mengatur hidup kamu sendiri dengan lebih tenang dan leluasa.

Bersikap bodo amat membuat kamu terhindar dari perlombaan hidup yang tidak kunjung usai. Jika kamu berusaha untuk melebihi orang lain, sampai kapan pun akan selalu ada orang lain yang lebih dari kamu. Oleh karena itu, dengan bersikap bodo amat, kamu bisa menentukan target hidupmu sendiri yang setidaknya lebih mudah untuk kamu capai. Sehingga, kamu akan merasa sudah sukses ketika berhasil mencapai tujuan kamu. Sebaliknya, jika kamu terus mendengarkan apa kata orang, mengikuti standar yang ditetapkan oleh orang lain, kamu malah merasa gagal karena standar kamu tidak memenuhi standar orang lain. Itulah pentingnya bersikap bodo amat.

Kamu akan terhindar dari rasa iri dan dengki terhadap orang lain. Karena kamu bodo amat dan cuek, kamu tidak akan merasa minder ketika orang lain sukses. Bahkan, kamu malah ikut senang dengan teman kamu yang sukses misalnya, dan bukannya malah iri atau dengki terhadap teman kamu sendiri. Selain itu, memilih untuk bodo amat terhadap apa kata orang lain membuat kamu terhindar dari rasa insecure. Kamu akan nyaman dengan diri kamu sendiri dan menjadi lebih percaya diri. Oleh karena itu, pentingnya bersikap bodo amat adalah agar kamu bisa fokus terhadap diri kamu sendiri. Kamu bisa fokus kepada apa tujuan hidup kamu dan tidak terlalu memusingkan apa yang orang lain bilang. Kamu bisa bebas menjalankan apa yang kamu sukai tanpa perlu merasa minder dengan orang lain. Namun, perlu diingat bahwa bersikap bodo amat disini adalah bersikap tidak peduli dengan berbagai komentar – komentar pedas yang hanya akan membuat kamu minder. Selain itu, bodo amat terhadap orang lain tujuannya adalah agar kamu berhenti membanding – bandingkan diri dengan orang lain dan menjadi lebih percaya diri. Tentunya untuk kritik dan saran yang sifatnya membangun dan mendukung apapun yang kamu lakukan, tetap harus kamu dengarkan. Jika yang kamu dapat hanyalah sekedar nyinyiran belaka, lebih baik tinggalkan saja. 


0 Comments

Fariz R. · May 5, 2021 at 7:56 am

artikelnya menarik banget sih, Pembahasan aspeknya sangat relate sama saya, seperti yang saya baca di http://skalakecil.id/ . membuat saya jadi ingin lebih bersikap dibanding mengalah terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *