fbpx

Kebahagiaan Bukan Datang dari Orang Lain, Inilah 5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Published by Aditya Anugerah Wiramentaya on

Cara membahagiakan diri sendiri yang harus kamu tahu
Sumber : Unsplash

Tidak ada orang di dunia ini yang tidak ingin bahagia, semua pasti ingin memiliki hidup yang bahagia. Tentunya, setiap orang punya standar bahagianya masing – masing. Memiliki hidup yang bahagia sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Asalkan tahu bagaimana cara membahagiakan diri sendiri. Namun, masih banyak orang yang kesulitan untuk merasa bahagia. Padahal, kebahagiaan itu datangnya dari diri sendiri, bukan orang lain. Tentunya tidak bisa mengharapkan kebahagiaan dari orang lain, karena hanya kamu yang tahu apa yang membuat kamu bahagia. Oleh karena itu, cobalah untuk memikirkan diri kamu sendiri.

Memikirkan diri sendiri tentunya bukan berarti egois. Tetapi lebih untuk mengenali diri kamu sendiri, apa yang paling membuat kamu bahagia. Hal yang sering terjadi adalah terlalu membandingkan diri dengan orang lain. Selalu merasa rendah diri, karena orang lain terlihat lebih sukses. Intinya adalah selalu merasa insecure, merasa selalu ada yang kurang dari diri sendiri. Merasa insecure bisa jadi baik dan membuat kita berusaha untuk mengatasi kekurangan diri. Tetapi, jika insecure terus menerus tentunya tidak baik. Padahal, hanya kamu yang tahu apa yang bisa membuat kamu bahagia, bukan orang lain. Oleh karena itu, Pada artikel ini akan diuraikan 5 cara membahagiakan diri sendiri yang bisa kamu jadikan referensi.

Cara Membahagiakan Diri Sendiri, Dimulai dari Mengenali Diri Sendiri

Mulailah dengan mengenali diri kamu sendiri. Khususnya apa yang sebenarnya membuat kamu bahagia. Karena seperti yang sudah disebut sebelumnya, kebahagiaan itu datangnya adalah dari sendiri. Hal yang menghambat kamu untuk menjadi bahagia adalah terlalu membanding – bandingkan diri dengan orang lain. Ingatlah selalu, bahwa kebahagiaan setiap orang itu berbeda. Kamu tidak perlu merasa tertekan dan insecure dengan orang lain. Mau bagimana pun juga, seperti kata pepatah, rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau. Artinya adalah, mau bagaimana pun juga, pencapaian orang lain memang akan selalu terlihat lebih daripada kamu. Oleh karena itu, fokuslah kepada diri kamu sendiri.

Cobalah untuk mengevaluasi diri kamu sendiri. Tidak perlu fokus kepada orang lain, tetapi fokuslah dengan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kamu. Selain itu, kamu juga perlu membuat target atau tujuan yang realistis. Sesuaikanlah target yang ingin kamu capai sesuai dengan kemampuan kamu. Karena jika tujuan kamu tidak realistis, usaha kamu hanya akan menjadi sia – sia karena tidak kunjung membuahkan hasil, kamu pun menjadi down dan merasa gagal.

Baca juga 8 Cara Mengatasi Overthinking Agar Harimu Tetap Produktif

Kamu juga perlu memikirkan apa arti kebahagiaan buat kamu. Apakah kebahagiaan hanya diukur dari materi belaka? Atau apakah memiliki banyak teman, keluarga, dan orang – orang yang kamu sayangi adalah kebahagiaan? Tentunya dengan mengetahui apa arti kebahagiaan bagi kamu, maka kamu akan terhindar dari mengejar hal – hal yang sebenarnya bukan kamu cari. Hal – hal yang sebenarnya bukan menjadi kebahagiaan kamu. Oleh karena itu, kembali lagi janganlah terlalu membanding – bandingkan diri dengan orang lain, karena kebahagiaan setiap orang berbeda.

5 Cara membahagiakan diri sendiri yang bisa kamu lakukan
Sumber: Unsplash

5 cara membahagiakan diri ini mungkin bisa kamu jadikan referensi. Dengan mengetahui bagaimana cara membahagiakan diri sendiri, harapannya bisa membuat kamu menjadi lebih bahagia. Yuk, baca cara – caranya dibawah ini.

5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

  1. Menjadi diri sendiri

Seperti apa yang sudah disebutkan sebelumnya, cobalah kenali diri sendiri. Dengan begitu, maka kamu bisa menjadi diri sendiri. Tentunya kamu akan menjadi lebih bahagia jika sudah mengenali diri kamu dan menjadi diri sendiri. Kamu tidak perlu berusaha keras untuk menjadi orang lain. Jangan sampai kamu tertekan untuk harus menjadi apa yang menjadi standar orang lain. Fokuslah kepada apa yang kamu inginkan, dan apa yang kamu senangi.

  • Mengapresiasi diri sendiri

Memberikan penghargaan kepada diri sendiri juga penting. Cobalah untuk mengapresiasi diri sendiri sampai hal – hal yang paling kecil sekali pun. Kamu tidak perlu menunggu sampai kamu berhasil terlebih dahulu, tapi hargailah proses yang sudah kamu jalani. Terlalu keras dengan diri sendiri juga bukan merupakan hal yang baik. Menghargai diri sendiri juga merupakan bentuk rasa sayang kepada diri sendiri.

  • Belajar untuk bersyukur

Bersyukur adalah salah satu kunci kebahagiaan. Bagaimana kamu akan merasa bahagia, jika kamu tidak bisa mensyukuri apa yang kamu miliki dan apa yang berhasil kamu capai. Buanglah rasa iri kepada orang lain, karena hanya akan membuatmu tidak bersyukur. Kamu akan terus merasa kekurangan jika tidak bisa mensyukuri apa yang kamu punya. Berusaha untuk mendapatkan lebih sebenarnya bukan hal yang buruk, namun jangan lupa untuk tetap mensyukuri apa yang sudah kamu miliki sekarang.

  • Menjalani passion

Melakukan hal – hal yang kamu sukai tentunya membuat kamu tidak merasa berat dalam menjalaninya. Carilah apa yang menjadi passion atau minat kamu, dan cobalah untuk fokus kepada minat tersebut. Jika kamu sudah berhasil menjalani passion, maka kedepannya kamu akan lebih bahagia. Banyak sekali contoh dimana seseorang meskipun memiliki penghasilan yang besar, tetapi tidak senang dengan apa yang dia kerjakan. Sehingga, rasa lelah dan stress tetap datang dan menjadi masalah tersendiri.

  • Belajar memaafkan

Terakhir, belajarlah untuk memaafkan dan ikhlas. Jika kita bisa memaafkan orang lain dan juga diri sendiri, percayalah hal tersebut membuat kamu menjadi lebih tenang dan bahagia. Janganlah menyimpan rasa dendam kepada orang lain, lebih baik fokuskan enerji yang kamu punya ke hal yang lebih bermanfaat bagi diri kamu sendiri. Kamu juga harus belajar memaafkan diri kamu sendiri. Terus menyalahkan diri sendiri akan berdampak pada perkembangan diri kamu yang terhambat, dan beban pikiran yang tentunya membuat kita sulit merasa bahagia.

Semoga 5 cara membahagiakan diri sendiri diatas bisa membantu kamu. Semoga kita semua bahagia. Agar kamu semakin semangat, silahkan simak video berikut ini.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *