fbpx

Belajar Skill Baru Dengan Mudah Hanya Dalam 20 Jam

Published by Alief Mahadika on

belajar skill baru hanya dalam 20 jam
credit to unsplash

Selfup.id Kalian tidak yakin dengan karir yang sedang dijalani? Ingin berpindah karir namun takut untuk belajar hal baru dan meninggalkan karir kalian? Artikel ini akan menjelaskan betapa mudahnya belajar skill baru hanya dalam 20 jam.

Manfaatkan 20 Jam Terbaik Kalian Untuk Belajar Skill Baru yang Kalian Inginkan

Era pandemi ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan, banyak juga orang yang mulai tidak yakin dengan karirnya, dan merasa insecure dengan perkembangan karirnya kedepan. Sehingga banyak orang yang ingin memulai karir baru, namun banyak juga yang takut karena harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sebenarnya seberapa sulitkah untuk memulai karir baru, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari hal-hal baru?

Memulai hal baru mungkin sangat menakutkan bagi beberapa orang, karena mereka harus meninggalkan hal yang sudah mereka kuasai dan mulai belajar sesuatu dari 0, apalagi bagi mereka yang sulit meninggalkan zona nyamannya. Seperti yang dikatakan Thomas Shelby dalam serial Peaky Blinders “The past is not my concern.” Jadi jangan terlalu bergantung pada masa lalu jika kalian ingin membangun masa depan.

Mungkin kalian bertanya tanya, kenapa 20 jam? Bukankah mempelajari hal baru merupakan hal yang sulit. Namun tidak menurut Josh Kaufman, menurutnya untuk mempelajari skill baru hanya membutuhkan waktu 20 jam, itu artinya kita hanya butuh 45 menit perhari dalam satu bulan untuk mempelajari hal baru.

Belajar Skill Baru Menurut Josh Kaufman

Latar belakang mengapa Josh Kaufman melakukan penelitian ini karena ia ingin belajar hal baru, dan ia membaca penelitian seorang psikolog Swedia bernama Anders Ericcson yang berjudul The 10.000 hours rule. Namun Josh merasa bahwa ia tidak memiliki 10.000 jam, akhirnya ia melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk seseorang mempelajari skill baru.

Ternyata Josh menemukan bahwa aturan 10.000 jam berlaku untuk seseorang yang ingin menjadi professional. 10.000 jam diperlukan jika kita ingin menjadi Atlet Golf professional seperti Tiger Woods, atau Programmer komputer yang hebat seperti Bill Gates. Namun Josh hanya ingin bisa melakukan sesuatu yang baru, hanya mengetahui dasar dasar dari hal baru dan tidak ingin menjadi expert dalam hal tersebut.

Hingga akhirnya Josh menemukan bahwa waktu yang diperlukan untuk mempelajari hal baru hanyalah 20 jam yang berkualitas dan sungguh sungguh, jika seseorang hanya ingin mempelajari dan bisa melakukan hal baru tanpa menjadi expert di bidang tersebut.

Untuk mempermudah mempelajari teori 20 jam ini, Josh Kaufman membagi teori ini menjadi 4 hal penting.

Baca Juga Tes Minat Bakat Adalah Penentu Masa Depan? Apakah Benar?

1.     Deconstruct the Skill

Untuk mempelajari skill baru kita harus tahu terlebih dahulu, teori dasar dari skill tersebut, teknik dasar dari skill tersebut dan fundamental dari skill tersebut, baru setelah itu kita work our way up, karena mempelajari hal baru sama seperti menaiki pyramid. Maka setelah kita menguasai dasarnya kita dapat naik ke tahap selanjutnya sampai akhirnya ke atas pyramid tersebut.

2.     Learn Enough to Self-Correct

Setelah menguasai dasar dasar dari suatu skill baru, kita bisa memperbaiki diri sendiri. Artinya kita sudah mengetahui kedepannya jika kita berhasil membuat progress atau malah membuat kesalahan. Latih skill baru kita sebanyak mungkin setelah kita sudah mengetahui dasar dasarnya. Jangan menunggu kita menguasai teori baru mulai berlatih, mulailah latihan jika merasa sudah cukup paham dasarnya.

3.     Remove Practice Barriers

Banyak hal yang dapat menggangu konsentrasi kita, HP, TV, Internet dan banyak hal lainnya dapat dengan mudah mengalihkan kita dari tujuan utama kita yaitu belajar skill baru. Mulailah tinggalkan hal hal tersebut untuk mempercepat proses menuju tujuan kita.

4.     Deliberate Practice for 20 Hours

Yang terakhir tentu saja adalah 20 jam yang kita perlukan adalah 20 jam paling berkualitas. 20 jam paling sungguh sungguh. Tidak perlu terburu-buru yang penting adalah konsistensi. Mulailah dengan 45 menit perharinya, semakin lama kita habiskan waktu tiap harinya maka semakin cepat tujuan kita untuk belajar hal baru dapat tecapai.

4 langkah tersebut bisa berhasil atau tidak kembali lagi tergantung dari kalian para pembaca untuk komit atau tidak dalam melakukan sesuatu. Jika kalian ingin melihat langsung penjelasan dari Josh Kaufman, berikut adalah salah satu presentasinya dalam video di Chanel TedxTalks.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *