fbpx

9 Metode Self Healing, untuk Kamu Yang Sedang Lelah dengan Pekerjaan

Published by Alief Mahadika on

Selfup.id – Apakah kamu saat ini merasa sangat lelah? Rasanya ingin kabur sejenak dari beratnya kehidupan. Mungkin saat ini kamu sedang mengalami kelelahan emosional. Tubuh kamu mungkin baik-baik saja, tapi kelelahan emosional lah yang mengganggu emosimu saat ini. Pernahkah kamu mendengar self-healing? Mungkin kamu perlu mencobanya. Kali ini Minup akan memberikan kamu 9 Metode Self-healing yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan emosionalmu.

Self healing
credit to Unsplash

Tapi sebelumnya Minup mau ngasih tau buat jangan sekali-kali meremehkan kelelahan emosionalmu. Mungkin di Indonesia, Self-healing masih kurang diperhatikan. Tetapi bahaya dari terlalu meremehkan kelelahan emosional ini bisa dilihat di negara – negara maju seperti di Jepang. Kasus bunuh diri di Jepang sangatlah tinggi, bahkan selama bertahun-tahun Jepang berada di posisi tertinggi diantara negara-negara G7.

Kenapa angka kematian akibat bunuh diri di Jepang sangat tinggi? Menurut Wataru Nishida, Psikolog dari Universitas Temple, Tokyo. Jepang memiliki tradisi selama berabad-abad untuk bunuh diri demi kebanggaan. Dari jaman samurai, sampai Perang Dunia ke-2 yang terkenal dengan Kamikazenya. Itu menjadi alasan kultural mengapa Jepang lebih mudah untuk memutuskan bunuh diri.

Tetapi selain dari kultural, kita juga harus melihat alasan utama kenapa angka bunuh diri di Jepang sangat tinggi. Ternyata tuntutan hidup di Jepang sangat tinggi, sehingga banyak anak muda yang merasa tidak sanggup dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Inilah alasan mengapa kamu tidak boleh meremehkan kelelahan emosionalmu.

Bahkan di tahun 2020 kemarin, jumlah kasus bunuh diri di Jepang mencapai 20.919 orang. Penyebab utamanya karena tekanan emosional dan keuangan akibat pandemi Covid-19. Banyak dari kalian yang mungkin merasakan hal yang sama akibat pandemi ini. Mulai dari kesulitan mencari pekerjaan, atau mungkin semakin berat beban pekerjaan akibat pengurangan jumlah karyawan di perusahaanmu.

Inilah mengapa Self-healing sangat penting untuk dilakukan, apalagi untuk para lelaki di Indonesia yang sangat dinilai dari kesuksesan karirnya. Bahkan di Jepang pun sama, dari keseluruhan kasus bunuh diri, 70 % diantaranya adalah kasus laki-laki.

Sebelum Minup jelasin metode-metode untuk melakukannya, yuk kita pelajari apa itu self-healing?

Pengertian Self-Healing

Self-healing merupakan proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin. Metode ini sering dilakukan oleh orang-orang yang menyimpan luka batin dan mengganggu emosinya. Kelelahan emosional tiap orangpun mungkin berbeda-beda. Bisa jadi karena pekerjaannya yang sangat berat tapi tetap dipertahankan karena membutuhkannya untuk kestabilan ekonomi. Atau mungkin konflik keluarga yang tidak kunjung selesai dibarengi dengan tuntutan kehidupan lainnya.

Baca Juga Tips Mencegah Stress, Menghindari Masalah Kecil Jadi Besar

Tiap orang pasti punya masalahnya sendiri, dan merasa lelah itu hal yang wajar. Tapi kamu harus bisa bangkit sendiri, kalian nggak bisa mengandalkan orang lain untuk mengatasi ini. Karena mungkin hanya kamu yang tahu kalo kamu sedang lelah. Coba praktikkan 9 metode self-healing dari kami, semoga bisa membantu mengatasi apapun masalahmu saat ini.

1. Berdamai dengan keadaan

Kehidupan memang tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Karena kehidupan bukanlah sesuatu yang bisa kita kendalikan, justru kita harus bisa berdamai dengan keadaan serta menerima apapun hasilnya.

Namun, dengan menerima keadaan apa adanya, bukan berarti kamu pribadi yang lemah. Kamu sadar jika memahami keadaan akan membentuk kamu untuk menjadi lebih kuat dan lebih dewasa akan situasi buruk yang telah terjadi. Karena kamu tahu kalau menyalahkan keadaan nggak akan membantu menyelasaikan masalahmu.

2. Berolahraga

Mungkin bagi sebagian orang olah raga merupakan hal yang sulit, tapi nyatanya olah raga bisa jadi salah satu metode self-healing yang baik. Dengan berolahraga kita mengeluarkan energi untuk membakar lemak yang membuat kita malas. Bahkan sudah banyak penelitian yang mengatakan kalo berolahraga bisa membantu memperbaiki suasana hati.

Kalo kamu selama ini jarang berolahraga, kamu bisa mulai mencoba untuk berolah raga dengan rutin. Kalo kamu suka olah raga namun tidak suka olah raga yang sendirian karena merasa sepi dan butuh teman untuk menemanimu. Kamu bisa mencoba mengikuti komunitas-komunitas olah raga di sekitarmu.

Tetapi kalo kamu lebih suka olah raga sendirian, kamu bisa mulai dengan jalan pagi tiap hari. Dengan kamu berolah raga rutin maka badanmu akan merasa lebih segar, dan tidak jarang mendapatkan ide-ide kreatif setelah berolahraga.

Self healing
credit to Unsplash

3. Keluar dari Rutinitas

Salah satu penyebab kelelahan emosionalmu mungkin karena kamu merasa bosan. Mungkin saja selama ini kamu hanya melakukan rutinitas yang itu-itu saja sehingga membuatmu merasa bosan dan tidak punya gairah lagi dalam hidup.

Cobalah untuk keluar dari rutinitasmu selama ini asal tetap kegiatan yang positif. Misalkan kamu selama ini berangkat kerja pagi dan pulang malam naik motor, cobalah untuk berangkat kerja menggunakan transportasi umum, atau mungkin mengambil jalur yang berbeda dari jalur yang biasanya kamu lewati. Hal kecil seperti itu yang bisa bikin kamu jadi tidak mudah bosan dengan rutinitasmu.

4. Buat List yang Akan Kamu Lakukan Kedepannya

Metode ini mungkin hanya cocok untuk orang-orang yang sentinel dan tidak cocok untuk para adventurer. Orang-orang yang sentinel cenderung untuk memilih kestabilan dibandingkan explorer yang lebih memilih spontanitas.

Kalo kamu termasuk orang-orang sentinel cobalah metode ini, buatlah list yang akan kamu lakukan kedepannya. Kamu akan merasa hidupmu lebih teratur dan tidak mudah merasa lelah dengan kehidupanmu.

5. Deep Conversation

Walaupun kamu nongkrong tiap hari sama temanmu, tapi sudah berapa lama sejak terakhir kamu punya deep conversation dengan temanmu. Kalo kamu merasa canggung untuk deep conversation dengan temanmu, mungkin dia bukan benar-benar temanmu?

Kalau hanya sekedar bercanda dan menemani kamu di saat senang itu bukan teman namanya. Teman itu yang menemanimu di saat sulit, dan kita merasa nyaman untuk cerita semua permasalahan kita tanpa takut akan penilaian buruk dari mereka.

Cobalah untuk  cerita permasalahanmu ke temanmu yang benar-benar teman. Terkadang kita hanya ingin didengar dan tidak menginginkan saran dari orang lain. Dan temanmu pasti ada untukmu di saat-saat seperti itu.

Baca Juga Pentingnya Work Life Balance, Belajar dari Film Twivortiare

6. Do Random Things

Pernah gak kamu ajak ngobrol abang ojek online yang tiap hari nganterin akmu ke stasiun? Atau dimana sih rumah abang mie tek-tek yang tiap malam lewat depan rumah kamu? Pernah gak kamu ajak ngobrol mereka?

Coba lakuin hal-hal baru yang gak pernah lakuin sebelumnya. Mungkin Bahasa kekiniannya lakuin hal yang out of the box. Dengan kamu melakukan hal tersebut bisa membantumu

7. Selalu Bersyukur

Seringkali kita terlalu fokus dengan pekerjaan dan karir kita, sampai lupa untuk melihat keadaan di sekitar kita. Ketika kamu sedang lelah dengan pekerjaanmu, coba berhenti sejenak dan lihat orang-orang disekitarmu. Mungkin tukang bakso langgananmu di kantin atau satpam di kantormu.

Padahal gaji mereka tidak sebesar gaji kamu, tapi menapa mereka tampak lebih bahagia? Mungkin karena mereka mensyukuri pekerjaan yang mereka punya. Meskipun gaji mereka tidak sebesar gajimu, asalkan mereka merasa cukup ya mereka akan bahagia adengan apa yang mereka punya. Cobalah untuk tidak membanding-bandingkan dengan orang di atas, tapi dengan orang di bawahmu.

8. Get Some Sleep

Ketika sedang stress maka akan sulit rasanya untuk dapat tidur dengan nyeyak. Ternyata ada beberapa cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas, ketika bangun pagi kamu akan merasa lebih segar dan semangat untuk kembali melakukan rutinitasmu.

Yang pertama yang dapat kamu lakukan untuk mendapat tidur yang berkualitas yaitu hindari bekerja dan menggunakan gawai sebelum tidur. Selesaikan semua urusan yang mengharuskan kamu melihat layar beberapa jam sebelum tidur. Lalu buatlah jadwal tidur yang tetap. Dengan jadwal tidur yang tetap dapat membantu otak dan tubuh untuk membuat alarm alami. Dan biasakan untuk alarm alami kalian bangun jam 4 pagi.

Self Healing
credit to Unsplash

9. Me time

Yang terakhir dan yang paling penting adalah Me time. Atau bisa juga disebut meluangkan waktu untuk diri sendiri. Seringkali kita terlalu fokus untuk membantu teman, membantu keluarga sampai lupa dengan diri sendiri. Tidak ada yang salah dengan membantu teman dan keluarga, hanya saja kamu juga harus membantu dirimu sendiri. Karena ketika kamu nanti terlalu lelah secara emosional bisa membahayakan dirimu sendiri.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk Me time sederhana. Yang pertama adalah pergilah ke alam. Karena dengan melihat pepohonan yang hijau dapat merilekskan dan menenagkan pikiran kita. Bagi beberapa orang mendaki gunung menjadi salah satu pelarian terbaik dari hiruk pikuk kota. Tapi kalo kamu merasa itu terlalu berat kamu bisa pergi ke taman atau kebun raya di kotamu.

Selain ke alam, ternyata hal simple dengan pergi ke coffee shop sendirian juga bisa menenangkan dirimu. Kalau selama ini kamu selalu ke coffee shop bersama temanmu, cobalah untuk pergi sendirian. Nikmati coffee pesananmu dan kamu bisa sambil membaca buku favoritmu. Ternyata baik introvert ataupun ekstrovert membutuhkan waktu sendiri untuk mengembalikan energy mereka, hanya intensitasnya yang berbeda.

Pilih Metode Self-healing Yang Cocok Denganmu

Jangan lupa untuk berhenti sejenak dari pekerjaan ya Sobat Uppers! Jangan meremehkan kelelahan emosional. Kalau kamu mulai merasa lelah emosional kamu bisa lakukan 9 metode untuk self-healing dari Minup. Share artikel ini ke temanmu yang sedang lelah emosionalnya. Dan jangan lupa untuk Subscribe ke website kami untuk mendapatkan notifikasi dari artikel – artikel menarik kami lainnya. Tonton video di bawah ini untuk lebih mengenal Selfup.


1 Comment

ismar · March 17, 2021 at 8:52 am

makasih banget minUp, akhir2 ini emng lagi butuh self healing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *